Pertemuan Menhan di Dialog Shangrilla Singapura

16 Sep

Pesatnya pertumbuhan Cina yang dibarengi dengan kekuatan militer, membuat negeri tirai bambu itu dikhawatirkan eksistensinya. Khususnya di kawasan Asia, Cina mampu mengeksplorasi potensi sumber daya manusia hingga menjangkau negara-negara, termasuk Indonesia.

Kekuatan Cina itulah yang membuat Amerika Serikat meningkatkan dominasinya di kawasan Asia dan Australia. Menurut laporan BBC dari forum keamanan kawasan Dialog Shangrilla di Singapura, Sabtu (4/6), banyak negara Asia mengkhawatirkan kekuatan militer Cina pada saat ini.

Pemerintah Amerika Serikat akan mengerahkan kapal dan kekuatan teknologi militer baru untuk melindungi sekutu-sekutunya di Asia dan mengamankan jalur pelayarn di kawasan ini.

Dalam pertemuan tersebut, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyampaikan adanya pergeseran arah kebijakan pertahanan dan keamanan negara-negara di kawasan Asia Pasifik sebagai akibat terjadinya perubahan geopolitik, demokratisasi, ancaman asimetrik dan ancaman nontradisional.

Posisi Indonesia di Asia Tenggara, sangat strategis bagi keberadaan negara-negara lainnya. Oleh sebab itu peranannya sangat dibutuhkan bagi pelaksanaan perdamaian dan demokratisasi. Pertahanan dan keamanan di Indonesia bisa memberikan pengaruh besar bagi kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu, Menteri Pertahanan AS Robert Gates berjanji akan memperluas kehadiran militer negaranya di sepanjang Tepian Pasifik.

Ketika berbicara di Singapura, Gates juga mengatakan hubungan militer dengan sekutu tradisional Amerika di Asia, Jepang dan Korea Selatan akan dimodernisasi, sedangkan kemitraan dengan Australia dan Singapura akan diperkuat untuk bisa menanggapi secara lebih baik bencana alam atau adanya ancaman kedaulatan negara. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: