Mengenal Tujuh Calon KASAD Pengganti Jenderal Toisutta (2)

16 Sep

Jenderal George Toisutta sebentar lagi akan pensiun dari posisinya saat ini, sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI. Ada tujuh Letnan Jenderal yang disebut-sebut media, akan menggantikan posisi Toisutta. Ketujuh nama itu pun kabarnya sudah diserahkan ke Presiden SBY. Berikut ini profil ketujuh Jenderal bintang Tiga. Profil kedua adalah Letjen TNI Budiman. Berikut profilnya:

Wakasad Letjen TNI Budiman memang tidak sepopuler Letjen TNI Pramono Edhie Wibowo. Tapi, prestasi perwira tinggi ini tidak kalah, bahkan Letjen Budiman adalah lulusan terbaik tahun 1978 dan peraih Adimakayasa dari korps Zeni. Adimakayasa merupakan penghargaan tertinggi dari akademi yang diberikan kepada calon perwira Tentara Nasional Indonesia.

Pria kelahiran 25 September 1956 bukan orang baru di lingkungan TNI AD. Pada tahun 1997, Letjen Budiman sudah pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi (sespri) WAKASAD yang saat itu dijabat Letjen (pur) Subagyo HS.

Di kalangan wartawan Istana, Budiman dikenal sebagai sosok santun. Pria ini memang pernah menjabat sebagai Sekretaris Militer Presiden (sesmilpres) pada tahun 2008. Beberapa wartawan yang mengenalnya mengakui dia cukup profesional dalam menjalankan tugas-tugas kemiliteran.

Suami Wanti Mirzanti ini terbilang paling berpeluang menduduki posisi KASAD. Hal itu disebabkan posisinya sebagai orang nomor dua di matra darat sangat strategis. Dia tentunya menguasai berbagai persoalan yang ada di lingkungan TNI AD.

Letjen Budiman memang berasal dari angkatan yang lebih senior dibandingkan Letjen Pramono Edhie Wibowo, namun dari segi usia dia lebih muda. Jika berdasarkan undang-undang yang menyebut Perwira Tinggi harus pensiun di usia 58, maka Letjen Budiman akan mengakhiri jabatannya pada tahun 2014.

Beberapa prestasi yang pernah ditorehkan Jenderal bintang tiga ini adalah penugasan di belasan luar negeri. Beberapa negara tersebut antara lain, Australia, Somalia, Denmark, Amerika Serikat dan Cina.

Sementara jabatan yang pernah diembannya selama karir di militer adalah Danton Yonzipur Kodam III Siliwangi, Danki A Yonzipur Kodam III Siliwangi, Dankitar AKABRI darat, Pasiops Yondewasa Mentar Darat, Pasiops Yondewasa Tarsis Akmil, Dan Kotakta Yontar Remaja, PS Kasisiapsat Bagbinsat Ditzi, Kasisiapsat Bagbinsat Ditziad dan Dandenzipur 6 Kodam VII Tanjungpura. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: